sarikata

ketika sang waktu tidak lagi bersahabat, gunakan hati untuk bermain dengan hari

24 May 2010

Memanusiakan Alam

Hidup atau kehidupan, keduanya adalah sebuah pilihan. Mau kita yang memilih atau kita yang dipilih, itu juga sebuah pilihan.

Saat kita dilenakan dengan kepentingan sesaat yang bernama harta dan kesuksesan, maka pribadi kitapun sudah terjual. Karena bila kita berusaha hanya untuk mencapai 2 hal itu, maka kita akan bekerja setengah hati karena motivasi yang ada hanya uang dan kedudukan bukan untuk mencapai sesuatu lebih hakiki dari tujuannya sendiri.

Bila motivasi kita hanya kekayaan dan kesuksesan, maka kita akan membabi buta untuk mendapatkan itu. Bila kita di kota besar sering usaha tersebut disebut korupsi atau di pedesaan disebutnya sebagai pesugihan. Antara korupsi dan pesugihan merupakan sebuah sinonim dengan Cara yang berbeda, namun dua-duanya tetap merupakan ajaran sesat dan bersumber dari nafsu yang berlebihan dan itu juga bagian dari strategi untuk menyesatkan kita.

Bila kita sudah terlena dengan dua hal tersebut maka kita tak ubahnya seperti seekor binatang yang hanya dikuasai oleh nafsu. Dan bila diri kita seekor binatang, bagaimana kita bisa memanusiakan alam? bila kita tidak bisa memanusiakan alam, jangan salahkan akhirnya yang alamlah yang meng-alam-kan manusia.

Maka terjadilah banyak bencana alam yang sering kita lihat dalam beberapa tahun belakangan ini dan semakin tidak bisa kita kompromikan, bencana ini bukanlah tanpa sbab. Dengan keserakahan dan obsesi kita, kita semakin tidak mau berkompromi dengan alam.

Maka dengan caranya alam berbicara dengan kita melalui kejadian-kejadian atau fenomena-fenomena alam yang mwnghancurkan sebagian dari kelompok manusia. Kejadian itu begitu cepat, sempat aku berpikir apakah ini cara bekerja Ratu Adil yang ditunggu-tunggu, dengan menghancurkan yang lama untuk mendapatkan generasi yang baru.

Sampai kapankah kita sadar akan Hal itu? Atau sampai kita tidak sempat lagi melihat perubahaan generasi itu? Sampai maut menjemput kita..

No comments: