sarikata

ketika sang waktu tidak lagi bersahabat, gunakan hati untuk bermain dengan hari

12 May 2012

Mendalami Kehidupan

Hehehe.. hari ni aku baca petikan cerita yang lucu dan sangat bagus, jadi aku tulis untuk dibaca temen-temen yang buka blog ini...

Seorang Guru berdiri di dpn kelas filsafat. Saat kelas dimulai, dia mengambil toples kosong dan mengisi dgn bola2 golf. Kemudian berkata kepada murid-muridnya, "apakah toples sdh penuh…… ?" Mereka setuju !!!!

Kemudian Sang menuangkan batu koral ke dlm toples, mengguncang dgn ringan. Batu-baru koral mengisi tempat yg kosong di antara bola-bola golf.Kembali dia bertanya kepada murid-muridnya, "apakah toples sdh penuh??"Dan kembali mereka setuju !!!

Selanjutnya Sang Guru menabur pasir ke dlm toples, tentu saja pasir menutupi semuanya. Dan dia sekali lagi bertanya, "apakah toples sdh penuh??Para murid berkata, “Yes”…!!

Kemudian dia menuangkan dua cangkir kopi ke dlm toples, dan secara efektif mengisi ruangan kosong di antara pasir.Para murid tertawa….

Diam sejenak sambil menunggu reda gelak tawa para muridnya, tak lama kemudian Sang Guru mulai bicara.

“Sekarang.. saya ingin kalian memahami bahwa toples ini mewakili kehidupanmu.“

“Bola-bola golf adalah hal yg penting, seperti Tuhan, keluarga, anak-anak, atapun kesehatan. Jika yg lain hilang dan hanya tinggal mrk, maka hidupmu masih tetap penuh.”

“Batu-batu koral adalah hal-hal lain, ibaratnya seperti pekerjaanmu, rumah dan mobil. Dan Pasir adalah hal-hal yg sepele.”

“Jika kalian pertama kali memasukkan pasir ke dlm toples, maka tdk akan tersisa ruangan utk batu-batu koral ataupun untuk bola-bola golf... Hal yang sama akan terjadi dalam kehidupan kalian.”

“Jika kalian menghabiskan energi untuk hal-hal yang sepele, kalian tidak akan mempunyai ruang utk hal-hal yang penting buat kalian.”

“Jadi beri perhatian kepada hal-hal yang penting untuk kebahagiaanmu. Bermainlah dengan orang-orang yang kamu sayangi, seperti keluarga dan anak-anakmu. Luangkan waktu untuk check up kesehatan. Ajak pasanganmu untuk keluar makan malam. Berikan perhatian terlebih dahulu kepada bola-bola golf."Hal-hal yang benar-benar penting, atur prioritas kalian.Baru yg terakhir, urus pasirnya.

Salah satu murid mengangkat tangan dan bertanya, “Kopi mewakili apa?

Sang Gurupun tersenyum, “Saya senang kamu bertanya.”

“Itu untuk menunjukkan kepada kalian, sekalipun hidupmu tampak sudah sangat penuh, tetap selalu tersedia tempat untuk secangkir kopi bersama sahabat”.

No comments: