sarikata

ketika sang waktu tidak lagi bersahabat, gunakan hati untuk bermain dengan hari

07 December 2011

Berat atau Ringan

Berat atau ringan adalah sebuah pilihan, pilihan bagaimana kita menjalani dan menempatkan diri kita di perjalanan kehidupan kita. Bagaimana kita mencatatkan sesuatu untuk diri kita, sebagai apa, sebagai siapa, dimana, kapan dan ke arah mana, hanya kita masing-masing yang tahu.

Bahkan lingkunganpun hanya merupakan sebagian kecil dari diri kita dan yang paling bisa menentukan hanya kita sendiri, karena semua akan tertoreh dan terbentuk sesuai keinginan kita. Apakah yang kita hadapi berat atau ringan adalah buah dari pemikiran kita sendiri.

Ada kalimat bijak yang bisa membuat aku terus berdiri dan berlari meskipun gunung ditaruh dipundakku dan lobang besar dihadapanku, yaitu "berilah target beban pada dirimu seberat mungkin, carilah solusi untuk mencapainya seringan mungkin"

Pernah juga aku mendengarkan ucapan temanku, pada saat kami merencanakan target tahun depan, "hanya orang bodoh yang merencanakan target yang realistis untuk dicapai, karena target memang bukan untuk dicapai tapi untuk di kejar dan di jangkau dengan usaha". Dan inipun kembali kami bertiga membuktikan, alhamdulillah target tahun depan yang tidak realistis bagi kami (500% dari target realistis) sudah pasti akan kami capai di bulan ke-5 tahun 2012 sekitar 63%. Yang artinya dari target realistis kami, kami telah mencapai 315%

Mari kita tetapkan dihati kita, bahwa di dunia ini tidak ada yang berat. Berat atau ringan semua tergantung dari diri kita sendiri, karena Allah SWT tidak akan memberikan beban ke umatnya bilamana umatnya tidak bisa menghadapi beban ataupun cobaan tersebut.

No comments: