sarikata

ketika sang waktu tidak lagi bersahabat, gunakan hati untuk bermain dengan hari

21 July 2014

Mengalir Seperti Air



Ungkapan mengalir seperti air sering banget kita dengar, terdengar indah atau bijak atau bisa juga dikatakan puitis. Namun ada yang mengambil hikmah dan mengartikannya dengan cara yang kurang tepat atau salah, yang ujung-ujungnya menjadi makhluk yang pasrah dan tidak memiliki hasrat atau keinginan untuk melakukan sesuatu selain menyerahkan pada lingkungan dan keadaan yang ada pada saat itu.

Bahkan ada yang akhirnya mengartikan manusia yang memegang prinsip hidup mengalir seperti air, adalah manusia yang tidak memiliki daya juang, tidak memiliki energy, tidak memiliki arah atau tujuan hidup dan yang juga berarti manusia yang mudah menyerah. Atau juga manusia yang memiliki pronsip ini adalah manusia yang tidak memiliki keinginan untuk sebuah prestasi atau tidak memiliki semangat untuk bersaing, karena seperti air yang akan mengalir ke tempat yang lebih rensag. Apakah memang begitu artinya? Namun bagaimana jika kita melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Coba kalo kita lihat sifat dasar air itu sendiri, air pada dasarnya bersifat tenang namun dia memiliki energy yang sangat luar biasa besar. Air juga memiliki sifat yang sangat fleksibel, jika dia berada disuatu jalan yang tertutup atau buntu dengan segera dia membelokkan diri mencari jalan lain. Air juga memiliki sifat yang selalu bergerak dan tidak mudah menyerah, dimana dia berjalan dari puncak gunung dan terus sampai menuju samudera.

Dia jika seandainya dia sampai berhentipun, dia hanya berhenti sementara untuk menghimpun energy. Setelah dia cukup kuat dan besar, dia akan melanjutkan pergerakannya dan mungkin bahkan menghanyutkan semua penghalangnya.

Dalam ketenangannya dan sifatnya yang terkendali, dia banyak memiliki manfaat bagi kita dan merupakan sumber kehidupan kita. Selain bermanfaat sebagai air minum, air bahkan juga bisa menghasilkan energy listrik, air juga bisa menyuburkan tanah disekitar kita dan air juga bisa membersihkan diri kita.

Jika kita pegang filosofi mengalir seperti air dan kita bisa mengartikan serta memahaminya dengan benar, maka kita bisa menjadi sebuah pribadi yang tenang, tangguh, bermotivasi tinggi, fleksibel, mudah beradaptasi dan membawa manfaat/kebaikan bagi kita dan lingkungan kita.

No comments: